VISI
Visi Kabupaten Sragen Tahun 2011 – 2016 adalah:
“Terwujudnya Sragen yang sejahtera, adil dan makmur yang berlandaskan semangat juang yang tinggi dan kejujuran.”

SEJAHTERA mempunyai makna bahwa seluruh lapisan dan kelompok masyarakat dapat tercukupi kebutuhan  lahir dan batin. Kebutuhan batin yakni rasa aman, sehat dan berpendidikan serta beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

BERJUANG mempunyai makna bahwa penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan adalah merupakan sinergi dan tanggung jawab seluruh komponen masyarakat Kabupaten Sragen yang dilandasi semangat pengabdian kepada masyarakat dan Tuhan Yang Maha Esa.

JUJUR mempunyai makna bahwa penyelenggara pemerintahan, pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat Kabupaten Sragen menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan dengan niat dan itikad baik dilandasi ketulusan, transparansi dan keikhlasan serta menjunjung tinggi good governance dan clean government.

ADIL mempunyai makna bahwa semua unsur masyarakat memiliki kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam pembangunan di semua bidang dan hasilnya dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat (MBELA WONG CILIK).

MAKMUR mempunyai makna bahwa pembangunan harus dapat memenuhi kebutuhan dasar seluruh lapisan masyarakat (pangan, sandang, papan, pendidikan dan kesehatan) dan merupakan refleksi pengurangan kemiskinan dengan prinsip-prinsip kemanusiaan, kepedulian terhadap sesama serta pengembangan rasa kesetiakawanan sosial dan meningkatnya kondisi aman dan nyaman masyarakatnya.

MISI

Usaha-usaha perwujudan Visi Kabupaten Sragen Tahun 2011–2016 dijabarkan secara sistematis dan komprehensif sebagai berikut:
1.    Memecah stagnasi pembangunan dengan mengakselerasi secara cerdas pencapaian kesejahteraan masyarakat di bidang daya beli, kualitas pendidikan dan kesehatan;
2.    Mewujudkan Sragen ASRI bebas korupsi sebagai perwujudan reformasi birokrasi yang sungguh-sungguh atas kebekuan birokrasi menuju aparatur yang bersih berorientasi kepada pelayanan publik serta               penggunaan anggaran yang pro rakyat;

3.    Memberikan kesempatan dan peluang kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam perencanaan, pelaksanaan pengendalian pembangunan serta menikmati hasil-hasil pembangunan;
4.    Mewujudkan kualitas SDM yang profesional, berbudaya dan berakhlak mulia,  berkeadilan serta berwawasan gender;
5.    Mewujudkan Pengembangan Ekonomi Kerakyatan yang berbasis pada pembangunan pertanian yang lestari dan berkelanjutan.